• info@bintangmlz.com
  • 0812-2519-2192
News Photo

Hukuman Penjara untuk Pelanggar PSBB di Kota Cirebon

Cirebon - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk seluruh Jawa Barat berlangsung selama 14 hari. Pemkot Cirebon bersiap menerapkan PSBB yang mulai diterapkan pada Rabu 6 Mei 2020.

Pemkot Cirebon telah menyiapkan sejumlah sanksi bagi masyarakat yang melanggar aturan saat PSBB. "PSBB ini lebih meningkatkan lagi, mempertajam apa yang sudah kita lakukan, dan skalanya diperluas," kata Wali Kota Cirebon di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020).

Azis mengatakan efektif atau tidaknya PSBB dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tergantung kesadaran masyarakat itu sendiri. Ia tak menampik setiap peraturan yang diterbitkan tentunya memiliki sanksi tegas bagi pelanggarnya, seperti PSBB.

 Ganjaran sanksi bagi pelanggar saat PSBB, ia menjelaskan, disesuaikan dengan aturan pemerintah pusat. "Untuk sanksi sudah siap, manakala ada masyarakat yang melanggar aturan PSBB. Sanksinya ada yang dibubarkan saat berkerumun, hukuman atau denda diberikan apabila dia mengulangi aktivitas yang melanggar aturan," tutur Azis.

Selain itu, lanjut Azis, hukumnya bisa kurungan penjara bagi pelanggar PSBB. "Karena memang ada juga pelanggar itu dihukum satu tahun atau denda Rp 100 juta," kata politikus Partai Demokrat.

Menurut dia, sanksi tegas juga diberikan kepada pemilik toko yang tak mengikuti aturan jaga jarak interaksi sosial dan lainnya. Untuk toko yang tidak mengikuti aturan PSBB, lanjut Azis, akan dikenakan sanksi berupa penyegelan.

"Sebenarnya kita sudah terapkan. Tinggal pelaksanaannya, baik aturan maupun sanksinya," kata Azis.

Pemkab Cirebon menyiagakan petugas di wilayah perbatasan antara Kota Cirebon dan daerah lainnya. Petugas perbatasan tersebut akan memeriksa setiap pengendara yang melintas.


Sudirman Wamad – detikNews, Selasa, 05 Mei 2020 13:53 WIB

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5003055/hukuman-penjara-untuk-pelanggar-psbb-di-kota-cirebon?single=1

Share This News

Kemen

Ayo daftarkan putra-putrinya untuk menjadi taekwondoin!